Profil Karen Foo Kune, Mantan Ratu Bulutangkis yang Kini Jadi Politisi

Profil Karen Foo Kune

Bulutangkis Dunia – Profil Karen Foo Kune, mantan ratu bulu tangkis Afrika yang sekarang jadi politisi di negeri asalnya, Mauritius.

Benua Afrika memanglah belum nampak gaungnya di panggung bulu tangkis dunia. Tetapi deretan nama dari benua itu pernah unjuk gigi serta mengundang perhatian beberapa pencinta bulu tangkis. Diantaranya ialah Karen Foo Kune.

Wanita namanya lengkap Eileen Karen Lee Chin Foo Kune ini adalah figur yang terkenal di negaranya, tidak cuma di bagian olahraga dan juga di politik.

Karen datang dari keluarga bulu tangkis. Si ibu, Cathy serta ayah Jacques, adalah bekas pebulutangkis yang bermain rangkap. Usai profesi bulutangkisnya, Cathy jadi anggota Badan Olahraga Mauritius.

Tidak hanya Karen, darah bulu tangkis dari si ibu turun ke si adik, Kate Foo Kune. Kate yang tetap jadi pebulutangkis aktif, sekarang berusaha untuk maju ke Olimpiade Tokyo tahun kedepan.

Ratu Olahraga Mauritius

Karen Foo Kune Badminton

Aksinya di bulu tangkis membuat Karen jadi salah satunya olahragawan wanita paling teratas dari Benua Afrika. Dia seringkali jadi olahragawan wanita satu-satunya dari Afrika yang berperan serta di kompetisi internasional.

Beberapa gelar kompetisi sempat digenggamnya, yaitu Uganda International 2009, Mauritius International 2010, serta Kenya International 2002.

Bermain rangkap, wanita kelahiran 1982 ini bawa Mauritius borong deretan medali di kejuaraan Afrika, seperti perunggu beregu di All-Africa Games 2011, perak ganda putri di African Championships 2007, dan perak beregu putri di Africa Team Championships 2006.

Karen sempat juga sebagai wakil Mauritius dalam Olimpiade Beijing 2008 serta seringkali berperan serta di Commonwealth Games.

Dia sempat mencatat rangking 81 BWF di tunggal putri serta rangking 69 di ganda putri untuk catatan rangking terbaik.

Karena perolehannya di bulu tangkis, Karen Foo Kune didapuk untuk ratu olahraga Mauritius. 2x dia jadi Olahragawan Wanita Mauritius Terbaik, yaitu pada 2004 serta 2009.

Banting Setir ke Politik

Usai tak lagi berlaga, Karen Foo Kane mulai menjajal peranan di dunia politik. Wanita yang berkuliah di Australia itu jadi salah satunya perwakilan komite yang mengikuti olahragawan Mauritius di Olimpiade Rio 2016.

Karen terjun di bagian sosial semenjak 2010, seperti ikut serta dalam pergerakan yang menginisiasi beberapa anak untuk selalu berlatih bulu tangkis.

Lalu dia masuk dengan Mouvement Militant Mauricien (MMM), partai sayap kiri di Mauritius. Bersama-sama Partai MMM, Karen dipilih jadi anggota Parlemen Kaukus Gender semenjak 2019.

Dalam profesi politiknya, wanita berdarah China ini konsentrasi pada rumor kesetaraan gender serta kesejahteraan keluarga.

Untuk salah satunya public figure punya pengaruh di Mauritius, kehidupan Karen Foo Kane tetap mendapatkan sorotan, termasuk juga cerita cintanya.

Mengutip 5plus.mu, Karen langsungkan pernikahan beda agama dengan Ruben Bacha, pria turunan India yang merupakan direktur perusahaan brand motor eksklusif Ruben Racing pada Juli kemarin.

Mr. Bala

Suka bingung, Kenapa Bingung?

Read Previous

Lamar Jamal Lewis, Liverpool ditolak Norwich

Read Next

Alexis Sanchez Berambisi Berikan Gelar Untuk Inter Milan

%d blogger menyukai ini: