Performa Donovan Mitchell yang Menakjubkan Masuk Buku Rekor

Performa Donovan Mitchell yang Menakjubkan Masuk Buku Rekor

Bolanesia – Dalam pertandingan pembuka playoff NBA 2020, performa Donovan Mitchell benar-benar menakjubkan. Dirinya bermain dengan ganas saat bertanding melawan Denver Nuggets pada Senin, 17 Agustus 2020, waktu setempat.

Menggantikan tugas pembawa bola utama team bersamaan absennya Mike Conley lantaran kelahiran anaknya, Mitchell memimpin gempuran Jazz dengan semua cara. Selama 43 menit, dia mencetak 57 poin, 9 rebound, 7 asis, plus 1 steal. Dia menjebloskan 19/33 tembakan (58%) dan mencetak sempurna 13/13 dari tembakan gratis (100%), serta 40% dari tripoin (6/15).

Performa Donovan Mitchell yang Menakjubkan Masuk Buku Rekor

Pembukuan poin Mitchell ini langsung membawa namanya masuk ke dalam buku rekor playoff NBA. Tidak main-main, Mitchell langsung bergabung dengan rekor yang dicetak legenda NBA, Michael Jordan serta Karl Malone. Untuk rekor Malone, Mitchell sukses menggesernya sebagai pemain Jazz yang menorehkan poin paling tinggi dalam satu pertandingan playoff. Malone mencetak 50 poin dalam playoff NBA tahun 2000.

Disamping itu, pada usianya yang baru menginjak 23 tahun, Mitchell menjadi pemain kelima dengan umur tersebut yang mampu mencetak minimal 50 poin dalam satu laga playoff. Hebatnya, Mitchell menjadi yang pertama semenjak MJ (panggilan Michael Jordan) mencetak 63 poin pada babak kedua perempat final Wilayah Timur playoff NBA 1986 (format lama). Tiga nama lainnya yang mencetak minimal 50 poin di umur 23 tahun dalam pertandingan playoff ialah Wilt Chamberlain, Rick Barry, serta Bob McAdoo.

Mitchell Sebagai Pemain Dengan Catatan Poin Tertinggi

Performa Donovan Mitchell yang Menakjubkan

Tidak hanya itu, catatan 57 poin Mitchell meletakkannya sebagai pemain dengan catatan poin paling tinggi ketiga dalam pertandingan playoff semasa sejarah NBA. Catatan poin MJ di atas sebagai yang paling tinggi sedangkan Elgin Baylor berada di posisi kedua dengan 61 poin yang dia buat di tahun 1962.

Gabungan statistik poin, rebound, serta asis Mitchell hari ini pun membuatnya sejajar dengan MJ serta Baylor. Hanya mereka bertiga dalam riwayat NBA yang dapat mencetak minimal 55 poin, 5 rebound, serta 5 asis. Sayangnya, Mitchell juga harus berdengung dengan MJ di rekor yang kurang membahagiakan. Keduanya merupakan dua pemain yang telah mencetak minimal 55 poin namun masih tidak berhasil mencapai kemenangan (baca:Klasemen Liga Jerman Terkini).

Lima Pemain Lain Yang Sempat Mempunyai Catatan 50 Poin

Untuk kategori pemain aktif, hanya ada lima pemain yang sempat mempunyai catatan 50 poin pada sebuah pertandingan. Mereka ialah Russell Westbrook, LeBron James, Damian Lillad, Kevin Durant, serta Isaiah Thomas. Sayangnya, dua nama paling akhir tidak berperan serta dalam playoff NBA 2020. Durant menepi lantaran cedera sedangkan Thomas sekarang berstatus pemain bebas.

Performa bagus lulusan University of Louisville ini jelas akan diperlukan lagi oleh Jazz untuk pertandingan kedua. Akan tetapi, sangatlah jelas kalau Mitchell membutuhkan pertolongan lebih dari rekan-rekannya. Sejumlah pemain seperti Joe Ingles serta Jordan Clarkson harus dapat menjawab rintangan mencetak poin lebih banyak lagi demi kemenangan pertama Jazz atas Nuggets musim ini. [JM]

Joe J

Read Previous

Manchester United Akan Borong Pemain Barcelona

Read Next

Donny Van de Beek Direkrut Barcelona, Akankah Messi dijual?

%d blogger menyukai ini: