Pengalaman Pertama Luka Doncic Berlaga di Playoff NBA

Pengalaman Pertama Luka Doncic Berlaga di Playoff

Bolanesia – Pengalaman pertama Luka Doncic yang akan berlaga di playoff NBA. Banyak yang menduga kalau Doncic belum siap untuk berlaga di playoff NBA musim ini. Akan tetapi pemain Slovenia itu menyanggah tuduhan tersebut. Sebelumnya, Doncic sudah mempunyai pengalaman di playoff, namun bukan di NBA, melainkan di liga Eropa.

Mavericks Menjadi Tanggung Jawab Luka Doncic

Untuk kali pertamanya semenjak 1990, Dallas Mavericks meluncur ke set playoff tanpa adanya Dirk Nowitski dalam roster tim. Pemain unggulan asal Jerman itu telah pensiun musim kemarin. Secara resmi, dirinya telah menyerahkan tanggung jawab tim Mavericks kepada Luka Doncic.

Tahun ini merupakan tahun kedua Doncic telah bergabung di NBA. Pada musim ini, rata-rata dirinya mencetak tripel dobel dengan catatan poin lebih dari 30 poin per pertandingan. Doncic juga sudah siap menghadapi playoff. Lantaran dirinya sudah memiliki pengalaman, meskipun bukan di NBA.

Pengalaman Pertama Luka Doncic Bersama Mavericks

“Ya ini merupakan set playoff pertama saya. Tapi saya pernah ada di tahap ini sebelumnya, tetapi itu di Eropa,” tutur Doncic. “Ini memang bukanlah level yang serupa, namun secara emosi, hal ini sama saja. Saya benar-benar bergairah,” lanjutnya.

Doncic masih berumur di bawah 20 tahun saat menjadi bagian dari tim bola basket Real Madrid ketika menjadi juara EuroLeague.

Musim ini, Doncic merampungkan musim reguler dengan rata-rata mencetak 28,8 poin, 9,4 rebound, plus 8,8 asis per pertandingan. Satu-satunya pemain yang mencatatkan data statistik itu selama satu musim penuh ialah Oscar Robertson, dan yang melakukan sebanyak empat kali ialah Russell Westbrook.

Doncic telah mencetak 17 tripel dobel. Doncic langsung dipilih untuk menjadi pemain All-Star pada musim pertama, serta berkesempatan terpilih lagi di periode selanjutnya. Doncic berada di belakang Giannis Antetokounmpo untuk catatan rebound dan asis. Pemain Milwaukee Bucks itu mencetak paling tidak 30 poin plus 15 asis per pertandingan.

“Dia adalah pemain yang fantastis dan juga kian berkembang,” kata pelatih Dallas Mavericks Rick Carlisle.

Pengalaman Pertama Luka Doncic Berlaga di Playoff NBA

Seri playoff pertama Doncic akan tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai favorit ketujuh, Mavericks bakal bertemu dengan favorit kedua Wilayah Barat, yakni Los Angeles Clippers. Tim yang diperkokoh oleh Kawhi Leonard, Paul George, serta Patrick Beverly.

Clippers dipandang sebagai salah satunya calon juara musim ini. Namun mereka mengatakan kalau Doncic lawan yang berbahaya.

Doncic Merupakan Pemain yang Berbahaya

“Luka bisa menjadi penghambat,” kata garda Clippers Lou Williams. “Dallas musim ini bermain dengan benar-benar baik. Tim ini dilatih secara baik. Ini akan jadi pertandingan yang menghibur.”

Sementara itu, Mavericks dengan hadirnya Doncic, membuat perbedaan dari segi gempuran. Pada musim reguler, Mavericks mengumpulkan rata-rata 116,7 poin per 100 possession. Perolehan yang hampir mendekati Golden State Warriors.

Jalur gempuran Mavericks yang bagus juga karena hadirnya Rick Carlisle. Ia sempat bermain dengan Larry Bird, dan melatih Jason Kidd. Jadi ia memberikan sejumlah pengetahuan yang berharga bagi Doncic terutamanya dalam soal penempatan posisi serta melakukan umpan yang baik. Jadi tak perlu disangsikan lagi.

Meskipun ini merupakan pengalaman pertama Luka Doncic, namun dirinya sudah siap berlaga di playoff NBA. [JM]

Joe J

Read Previous

PSG Tetap Ingin Boyong Timothy Castagne

Read Next

Inter Milan Masuk ke Semi Final Liga Eropa 2019-2020

%d blogger menyukai ini: