Peluang Marquez Menjaga Titel Juara MotoGP Makin Sempit

Peluang Marquez Menjaga Titel Juara MotoGP Makin Sempit

Bolanesia – Peluang Marc Marquez (Repsol Honda) untuk menjaga titel juara MotoGP musim ini makin sempit apabila dirinya betul-betul mangkir di GP Austria.

MotoGP Austria adalah seri keempat Kejuaraan Dunia musim ini yang akan diselenggarakan di Sirkuit Red Bull Ring, 14 sampai 16 Agustus 2020.

Belum Ada Kejelasan dari Pihak Repsol Honda

Sampai sekarang ini, Repsol Honda belum juga memberikan kejelasan apakah Marc Marquez dapat mengikuti MotoGP Austria atau mungkin tidak. Akan tetapi, pernyataan terakhir manajer Repsol Honda, Alberto Puig, memberi isyarat kalau Marquez akan mangkir.

“Kami akan memercayakan Stefan Bradl lagi di akhir minggu ini di Austria,” kata Alberto Puig dilansir dari situs Motorsport, Selasa (11/8/2020).

Stefan Bradl merupakan pembalap penguji Repsol Honda yang mengambil alih posisi Marquez di MotoGP Ceko akhir minggu kemarin. Bradl dalam unggahan di akun Instgram pribadinya memperkuat pengakuan Alberto Puig perihal Marc Marquez yang akan mangkir di MotoGP Austria.

“Saya senang jika memperoleh peluang balapan lagi akhir minggu ini (MotoGP Austria) untuk mencoba berkembang,” kata Bradl diambil dari Instagram pribadinya.

Pengakuan Bradl serta Puig semestinya menjadi “tragedi besar” bagi Marc Marquez yang berambisi mempertahankan titel juara dunia MotoGP musim ini.

Pengakuan Bradl dan Puig Petaka Bagi Marquez

Kalau betul-betul mangkir di MotoGP Austria, musim ini menjadi pertama kalinya untuk Marquez gagal mendapatkan poin dari empat seri awal. Musim paling buruk dalam karier Marquez terjadi pada 2011 saat dirinya masih menjadi pembalap Moto2.

Marquez waktu itu tidak berhasil mendapatkan poin dari tiga seri awal serta mengakhiri musim di posisi kedua klasemen pembalap Moto2 2011. Sesudah naik kelas ke MotoGP pada tahun 2013, Marquez hanya pernah gagal sekali saja untuk menjadi juara dunia.

Peristiwa itu berlangsung pada musim 2015. Apa yang dirasakan Marquez waktu itu hampir sama dengan musim ini. Marquez pada musim 2015 tidak berhasil menjadi juara dunia MotoGP setelah enam kali tidak merampungkan balapan.

Musim ini, Marquez telah kehilangan poin dari tiga seri awal, yaitu MotoGP Spanyol, MotoGP Andalusia, serta MotoGP Ceko. Marquez sekarang menjadi juru kunci tanpa mengumpulkan poin, tertinggal 59 angka dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang berada di puncak.

Peluang Marquez Menjaga Titel Juara MotoGP

Peluang Marquez Menjaga Titel Juara Makin Sempit

Peluang Marquez menjaga titel juara MotoGP bahkan hampir tertutup lantaran jumlah seri musim ini telah menyusut menjadi 14 seri saja. Itu berarti, Marquez hanya mempunyai 10 balapan untuk mencoba menjadi juara dunia apabila dirinya betul-betul mangkir di MotoGP Austria.

Sampai sekarang ini, faksi Repsol Honda belum juga dapat memberikan kejelasan kapan Marc Marquez akan sembuh dari cedera lengannya. Beberapa faksi bahkan meramalkan Marc Marquez akan mangkir di MotoGP Styria. MotoGP Styria merupakan seri kelima Kejuaraan Dunia musim ini yang akan dihelat di Sirkuit Red Bull Ring minggu depan.

Apabila perkiraan itu benar adanya, Marquez besar kemungkinan akan tampil di MotoGP San Marino, 13 September 2020. [JM]

Joe J

Read Previous

Pemburuan Titel Juara Dunia MotoGP 2020 Di Red Bull Ring

Read Next

Andrea Pirlo di Juventus, Mantan Pelatih Roma Jadi Asistennya

%d blogger menyukai ini: