Novak Djokovic Didiskualifikasi Dari Turnamen Grand Slam US Open 2020

Bolanesia – Situs Berita Bola – Petenis nomor 1 dunia, Novak Djokovic baru saja didiskualifikasi dari turnamen Grand Slam AS Terbuka 2020 usai memukul bola ke arah hakim garis. Insiden tersebut membuat Pablo Carreno Busta sukses meluncur ke perempatfinal US Open musim 2020 pada hari Minggu (06/09) waktu setempat.

Sesudah Carreno Busta unggul dengan 6-5 di set pertama, Djokovic memukul bola yang mengenai bagian tubuh hakim garis wanita. Seusai diskusi panjang antara Djokovic dan faksi resmi kompetisi, pertandingan lantas dihentikan.

Pernyataan Novak Djokovic Usai Didiskualifikasi Dari Grand Slam

Djokovic tidak berbicara apapun kepada wartawan sesudah kompetisi tersebut, namun setelah itu ia meluncurkan pernyataan lewat sosial media. (Baca: Revolusi Bartomeu, 7 Pemain Ini Tak Akan Dijual Barcelona).

“Semua keadaan itu membuat saya merasa sangat sedih dan kosong. Saya memeriksa hakim garisnya dan faksi kompetisi memberitahu saya kalau syukurlah ia merasa baik-baik saja. Saya sungguh-sungguh menyesal sudah mengakibatkan hal tidak menyenangkan baginya. Hal itu benar-benar tidak saya sengaja. Sungguh perbuatan yang keliru,” ungkap Djokovic.

“Berkaitan dengan diskualifikasi, saya harus mengintropeksi diri, menangani rasa kekesalan saya, dan mengganti itu semua menjadi pelajaran demi kemajuan dan evolusi saya sebagai petenis ataupun sebagai individu. Saya benar-benar bersyukur terhadap tim dan keluarga saya yang sudah menjadi dukungan terkuat saya, dan para fans yang tetap ada untuk saya. Terima kasih dan saya amat menyesal.”

Novak Djokovic Didiskualifikasi Dari Turnamen Grand Slam

Pertarungan Sengit Antara Djokovic dan Busta

Djokovic memperoleh tiga set poin secara berturut-turut dengan servis ada di tangan Carreno Busta pada posisi 5-4, 40/0. Pada peluang pertama, pengembalian forehand Carreno Busta menyentuh garis yang dianggap keluar.

Petenis berkebangsaan Spanyol itu meminta challenge dan bola ternyata menyentuh garis di area belakang baseline yang hanya berjarak beberapa millimeter saja, sehingga membuat petenis favorit ke-20 itu masih dapat bertahan sebelum pada akhirnya ia mengimbangi kedudukan menjadi 5-5.

Sewaktu Djokovic servis pada posisi 0/15 di kompetisi selanjutnya, ia terjatuh secara canggung, memperkuat dirinya dengan pergelangan tangan kiri sebelum dengan cepat meraih bahu kirinya. Ia lalu meminta interval medis untuk memperoleh perawatan pada bahunya sebelum kembali ke lapangan.

Terdiskualifikasinya Djokovic, Busta Meluncur ke Perempatfinal

Sesudah dipatahkan di kompetisi yang serupa dan ketinggalan 5-6, Djokovic yang barangkali merasa frustasi memukul bola yang secara tidak sengaja mengenai hakim garis wanita yang berada di belakang lapangan. Persisnya bola tersebut mengenai bagian tenggorokan dan membuat hakim garis tersebut langsung terjatuh.

Novak Djokovic Didiskualifikasi Dari Turnamen Grand Slam US Open

Dengan keputusan yang mengagetkan itu, Carreno Busta meluncur ke perempatfinal US Open untuk kali kedua sesudah musim 2017 ia melangkah ke semifinal sebelum kalah dari Kevin Anderson.

Tanpa adanya kehadiran Djokovic, akan ada petenis yang menjadi juara Grand Slam untuk pertama kali di US Open musim ini. Satu-satunya petenis yang pernah menjadi finalis Grand Slam di US Open musim ini ialah Dominic Thiem dan Daniil Medvedev. [JM]

Joe J

Read Previous

Alasan Man United Tak Kejar Kai Havertz: “Jadon Sancho Lebih Hebat”

Read Next

Samuel Umtiti Diam-Diam Dilirik Lyon

%d blogger menyukai ini: