Mantan Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl Meninggal Dunia

Alfred Rield

Bolanesia.net – Berita duka menyelimuti dunia sepak bola Tanah Air. Bekas pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, meninggal dunia. Alfred Riedl wafat pada Selasa (8/9/2020) malam waktu Austria, seperti dikutip Sport24.

Pernah membawa timnas Indonesia ke partai final piala AFF

Ia mengembuskan napas paling akhir pada umurnya yang ke-70 tahun. Alfred Riedl pernah membesut timnas Indonesia di tahun 2010-2011. Selanjutnya, ia balik lagi ke Tanah Air setelah merantau ke Laos (2011-2012) serta klub divisi kedua Belgia, Vise (2012-2013).

Kemudian, ia kembali lagi ke Indonesia selama setahun (2013-2014) serta di tahun 2016-2017. Momen tidak terlupakan Riedl untuk timnas Indonesia ialah penampilan hebat pada ajang Piala AFF 2010. Saat itu, ia sukses bawa timnas Indonesia ke partai final. Walau kalah dari Malaysia pada partai final (agregat 2-4), keyakinan warga Indonesia pada Riedl sangat kuat.

Karena, Indonesia tidak lagi dapat mencapai partai final seusai Riedl keluar dari timnas Indonesia waktu itu. Di tahun 2013-2014, ia kembali lagi mendapatkan keyakinan dari PSSI untuk menggarap tim nasional Indonesia. Tetapi, kemasyhuran pada awal kehadirannya tidak dapat terulang lagi. Ia sejatinya pernah menjalin kerja sama juga dengan club peserta Shopee Liga 1 2020 pada awal musim, yaitu Persebaya Surabaya.

Salah satu pelatih yang populer dan berjasa

Namun, pelatih dari Austria itu membatalkannya karena alasan kesehatan. Ia harus menjalan operasi bypass jantung waktu itu. Nama Riedl cukup populer di sepak bola Asia Tenggara, dianya sempat melatih tim nasional Vietnam sampai Laos. Di Vietnam atau Laos, ia dicap untuk pelatih yang sukses. Selamat jalan, Alfred Riedl. Jasamu sempat membuat pencinta sepak bola Indonesia merasa bangga.

Sebelum meninggal dunia, Alfred Riedl diketahui memang sudah punya penyakit jantung yang akut. Dia pun sempat menjalani operasi di Austria.

Karena sejarah penyakit ini pula, Ried jadi ketakutan dan tertekan saat menjalani karantina mandiri di Austria.Dalam sesi wawancara dengan media terkemuka Austria, Kurier, Alfred Riedl bercerita perjuangannya untuk menghindari dirinya terpapar virus mematikan tersebit.

Virus ini juga telah mengubah kehidupan sang mentor. Dia tidak meninggalkan rumahnya di Pottendorf, Austria, karena dia tidak hanya berisiko karena usianya, tetapi juga karena penyakit.

0 Reviews

Write a Review

ucihan Sasuke

Mengidolakan Jadon Sancho dan kekayaannya.

Read Previous

LA Clippers Meredam Denver Nuggets di Tiga Menit Akhir

Read Next

Hasil UEFA Nations League: Prancis 4-2 Kroasia

%d blogger menyukai ini: