Lin Dan Khianati Tong Sin Fu Karena Tak Butuh Pelatih Untuk Jadi Legenda Bulutangkis

Lin Dan & Tong Sin Fu

Bolanesia.net – Lin Dan Khianati Tong Sin Fu Karena Tak Butuh Pelatih Untuk Jadi Legenda Bulutangkis – Sang legenda bulu tangkis asal China, Lin Dan, mengaku jika dirinya tidak memerlukan figur seorang pelatih untuk menjadi pebulutangkis yang hebat. Pebulutangkis legenda tunggal putra China itu malah mengemukakan bahwa lawan abadinya, Lee Chong Wei, yang dia anggap lebih ‘berjasa’ ketimbang Tong Sin Fu, pelatih yang dipandang sebagai pelatih legenda di Indonesia.

Diberitakan dari situs resmi BWF, Lin Dan mengaku kalau Lee Chong Wei sebagai figur yang mengubahnya menjadi pebulutangkis yang dikenang oleh banyaknya pencinta olahraga tepuk bulu itu.

Sengitnya persaingan antar keduanya saat masih aktif bermain memang dipandang sebagai salah satu persaingan paling sengit yang pernah berada di ranah bulu tangkis.

Lawan Main Lebih Penting Ketimbang Pelatih Menurut Lin Dan

“Kadangkala, mempunyai lawan yang benar-benar kuat itu lebih penting dibandingkan mempunyai seorang pelatih,” tuturnya dilansir dari situs resmi BWF.

“Kebolehannya, kecepatannya, serta ambisinya yang kuat otomatis mendorongmu untuk tampil lebih bagus lagi,” puji Lin Dan kepada Lee Chong Wei.

“Ia merupakan figur yang penuh karisma, serta mempunyai tubuh yang sangatlah atletis. Ia selalu latihan setiap hari agar dapat menuju ke urutan puncak, dan dapat menaklukkan saya serta menjadi juara,” ujar Lin Dan perihal Lee Chong Wei.

Secara tidak langsung, Lin Dan seolah melupakan figur Tong Sin Fu, sang pelatih bulu tangkis yang melegenda di Indonesia dan China. Seperti yang kita ketahui, di balik keberhasilan Lin Dan ada figur pelatih yang berasal dari Indonesia yang melambungkan talentanya. Figur pelatih itu bernama Tong Sin Fu.

Tong Sin Fu Dan Liang Chiu Sia Sempat Bejasa Bagi Indonesia

Tong Sin Fu Dan Liang Chiu Sia Sempat Berjasa Bagi Indonesia

Tong Sin Fu bersama dengan Liang Chiu Sia merupakan dua pelatih legendaris yang pernah membawa beberapa pebulutangkis besar Indonesia seperti Susi Susanti dan Alan Budikusuma untuk mencapai prestasi di puncak tertinggi dunia.

Walaupun lahir di Indonesia dan melahirkan banyak pebulutangkis berbakat yang pernah berada di Tanah Air, dirinya saat itu kesulitan memperoleh kewarganegaraan Indonesia. Perihal ini pula yang membuat dirinya memilih untuk kembali ke China dan melatih di sana.

Di bawah kepelatihannya, lahirlah pebulutangkis-pebulutangkis hebat yang sempat dimiliki Negeri Tirai Bambu. Sebut saja beberapa nama seperti Xia Xuanze, Xi Jinpeng, pasangan Cai Yun/Fu Haifeng, dan tentunya Lin Dan. [JOE]

0 Reviews

Write a Review

bolanesianet7

Read Previous

Nama Lin Dan Resmi Diabadikan Sebagai Nama Klub

Read Next

Valve Percaya Total Hadiah The International 10 Akan Pecahkan Rekor