Julian Nagelsmann Jadi pelatih termuda di Liga Champions

Prestasi Julian Nagelsmann sebagai Pelatih

Bolanesia.net – Figur pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann, jadi perhatian setelah bawa team asal Jerman itu maju ke semifinal Liga Champions 2019-2020. RB Leipzig maju ke semifinal setelah di perempat final yang berjalan di Estadio Da Luz dini hari tadi, Die Roten Bullen –julukan RB Leipzig– menang 2-1 atas Atletico Madrid.

Keberhasilan di atas membuat Julian Nagelsmann tercatat sebagai pelatih termuda yang membawa timnya tampil di semifinal Liga Champions, yaitu 33 tahun lewat 21 hari. Serta, usia Nagelsmann sekarang ini masih lebih muda ketimbang dua bintang sepakbola dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Usia Julian Nagelsmann bahkan lebih muda dari CR7

Sekarang ini, Cristiano Ronaldo berumur 35 tahun enam bulan delapan hari. Sementara Messi berumur 33 tahun sebulan 20 hari. Rupanya, Nagelsmann yang turun sebagai pelatih profesional semenjak 2016, atau saat dirinya baru berusia 29 tahun, telah mencatatkan beberapa pencapaian.

Pencapaian yang disebut memang bukan trofi, tetapi beberapa catatan yang belum pasti dapat dilaksanakan pelatih muda lainnya. Pada musim penuh pertama kalinya menjadi pelatih profesional pada 2016-2017, tepatnya dengan menangani Hoffenheim, Nagelsmann bawa tim asuhannya finis di tempat empat klasemen Liga Jerman.

Walau sebenarnya, pada musim sebelumnya Hoffenheim cuma finis di posisi 15 Liga Jerman 2015-2016. Kemudian pada 2018-2019, Julian Nagelsmann membawa Hoffenehim tampil di Liga Champions, sesudah pada Liga Jerman 2017-2018 mereka mengakhiri pertandingan di tempat ke-3.

Menjadi pelatih termuda di Liga Champions

Perolehan di atas membuat Nagelsmann tercatat sebagai pelatih termuda yang mentas di Liga Champions. Sebatas info, 2018-2019 adalah musim terakhir Nagelsmann meniti karier bersama Hoffenheim.

Selanjutnya pada musim panas 2019 atau pada musim ini, Nagelsmann meneruskan profesi bersama RB Leipzig. Bermodalkan pemain seperti Timo Werner dan Marcel Sabitzer, Nagelsmann juga pernah membuat RB Leipzig juara paruh musim Liga Jerman 2019-2020.

Tetapi, inkonsistensi di paruh ke-2 pertandingan membuat RB Leipzig tidak berhasil jadi juara. Sesudah memainkan 34 laga, Leipzig finish di tempat tiga di bawah Bayern Munich serta Borussia Dortmund.

Bagaimana dengan Liga Champions? Julian Nagelsmann mengantar RB Leipzig finish untuk juara Grup G, melewati Olympique Lyon, Benfica serta Zenit st Petersburg. Hasil itu membuat mereka maju ke 16 besar.

Di set 16 besar, RB Leipzig menggebuk Tottenham Hotspur dengan agregat 4-0. Selanjutnya di perempatfinal, gilran Los Colchoneros –julukan Atletico Madrid– yang ditaklukkan 2-1. Karena itu, Nagelsmann mencatat hasil luar biasa di usia yang terhitung muda. Jangan heran bila dalam beberapa tahun ke depan, Nagelsmann dipercayai menangani tim teras Eropa.

ucihan Sasuke

Mengidolakan Jadon Sancho dan kekayaannya.

Read Previous

Skema Pertandingan Playoff NBA 2020 Akan Segera Rilis

Read Next

Lazio Ingin Boyong Roberto Gagliardini Jadi Inter Milan

%d blogger menyukai ini: