Jacob Blake Ditembak Tujuh Kali di Hadapan Kedua Anaknya

Jacob Blake Ditembak Tujuh Kali di Hadapan Kedua Anaknya

Bolanesia – Situs Berita Bola – Belum seutuhnya kampanye Black Lives Matter mereda, satu perkara kembali lagi muncul ke permukaan. Kali ini kejadian berlangsung di Kenosha, Wisconsin, Amerika Serikat. Korban merupakan seorang pria kulit hitam bernama Jacob Blake. Jacob ditembak sebanyak tujuh kali oleh polisi di depan pintu mobilnya di mana ada 2 orang anaknya yang duduk di dalam.

Raysean White Saksi Mata Saat Jacob Ditembak Tujuh Kali

Peristiwa ini sendiri berlangsung pada hari Minggu, 23 Agustus 2020, waktu setempat. Namun, rekaman video baru mulai muncul di dua hari belakangan. Yakni Raysean White yang merekam peristiwa ini dari kejauhan dan pada akhirnya sampai ke beragam sosial media.

White sendiri merekam dari jendela tempat tinggalnya yang terletak hanya di seberang dari peristiwa penembakan itu. Jacob merupakan penduduk yang tinggal di daerah yang sama seperti White.

Trauma Mendalam Anak-Anak Jacob

“Ini pemandangan yang menyesakkan saat Anda menyaksikan seseorang ditembak oleh polisi sebanyak tujuh kali,” tutur White kepada CNN. “Ini sungguh-sungguh meresahkan saya. Saya yakin kalau anak-anak Jacob yang berada di dalam mobil akan mengalami trauma yang amat besar dari siapa saja,” paparnya.

CNN melansir detil peristiwa permasalahan ini. Diberitakan, kepolisian Kenosha memperoleh laporan adanya kericuhan yang berlangsung di area apartemen padat masyarakat sekitar tempat tinggal White. White melihat Jacob menjemput anak-anaknya yang sedang bermain di taman dan meminta mereka untuk masuk ke dalam mobil sementara Jacob terlihat memasuki area apartemen. (Baca: Donny Van de Beek Direkrut Barcelona, Akankah Messi dijual?).

Jacob Blake Ditembak Tujuh Kali

Jacob Dianiaya Sebelum Ditembak Tujuh Kali

Tidak melihat ada yang aneh, White meninggalkan jendelanya untuk sementara waktu. Waktu dia kembali lagi melihat ke jalanan, pemandangan berubah drastis. Jacob tengah bergulat dengan beberapa polisi yang ada. Ada polisi yang mengunci kepalanya, memegangi tangannya, memukul area tulang rusuk Jacob, sampai salah satu polisi wanita menyetrumnya.

Sesudah disetrum, Jacob menopangkan tubuhnya ke mobil. Waktu polisi berupaya lagi untuk menahannya, Jacob berjalan ke sisi mobil sebaliknya. Di sini, White mulai mengambil kamera dan merekam peristiwa. Jacob berjalan dengan langkah yang biasa saja, berusaha masuk mobilnya, dan pada akhirnya ditembak oleh polisi itu.

Kurangnya Perlengkapan Polisi Jadi Alasan Sulitnya Penyelidikan

“Polisi yang menembak Jacob langsung berupaya menolong dan melihat keadaannya. Ia mengenakan sarung tangan birunya untuk melakukan pengecekan. Tidak lama, pertolongan datang dan pada akhirnya polisi yang lain ikut menolong Jacob,” tambah White.

Pihak berwajib Amerika Serikat sekarang sedang melakukan penyelidikan perihal apa yang sebetulnya terjadi sampai ada penembakan. Buruknya, mengingat kota Kenosha yang benar-benar kecil, polisi di sana tidak dilengkapi dengan kamera badan. Mereka hanya diberi mikrofon untuk berkomunikasi dengan sesama dan pusat.

Aksi Protes Atas Peristiwa Nahas Jacob Blake

Peristiwa ini langsung mengakibatkan aksi protes, terutama di Kenosha sendiri. Warga sekali lagi turun ke jalan menuntut keadilan atas peristiwa ini serta reformasi di tubuh kepolisian Amerika Serikat. Laporan teranyar mengatakan kalau Jacob mengalami lumpuh di area pinggang ke bawah. Masalah ini terjadi sebab salah satu tembakan polisi itu mengenai tulang belakangnya.

Jacob Blake Ditembak Tujuh Kali di Hadapan Anaknya

“Mereka menembak anak saya tujuh kali. Tujuh tembakan seakan anak saya tidak mempunyai arti apa-apa di dunia ini,” tutur Jacob Blake Sr., ayah dari korban. “Anak saya juga manusia dan dia mempunyai arti di dunia ini,” paparnya. [JM]

Joe J

Read Previous

4 Pemain Chelsea Dikarantina Setelah Pulang Liburan

Read Next

Ronaldo Rindukan Manchester United

%d blogger menyukai ini: